DESKRIPSI SINGKAT
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah: Menyiapkan mahasiswa menjadi pengajar dan praktisi di bidang kajian General English dan ESP (English for Specific Purposes) profesional yang memiliki kompetensi dalam hal perancangan program pembelajaran dan penelitian bidang ESP, memiliki karakter dan nilai-nilai pendidik sejati, berwawasan global, mampu mengintegrasikan riset dan teknologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu sehingga bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.
- VISI
“Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul, kompetitif, dan berlandaskan nilai-nilai Islam dalam menyelenggarakan pendidikan dan keguruan Bahasa Inggris pada periode 2019-2024. “
- MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang berkualitas.
- Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan dan keguruan bahasa Inggris yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat.
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
- Mengembangkan kecakapan hidup (practical skill and soft skills) guna menghadapi tantangan dunia kerja.
- TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI
3.1 Tujuan
1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang handal, terampil, unggul, dan mampu mengaplikasikan ilmunya di masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
2. Menghasilkan karya-karya penelitian yang bisa dimanfaatkan untuk pemecahan masalah yang ada di masyarakat terutama dalam bidang
pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.
3. Memberikan penyuluhan, pembimbingan, pembinaan dan pemberdayaan dalam kerangka berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan mewujudkan manusia pembangunan.
4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kecakapan hidup khususnya yang terkait dengan dunia kerja.
3.2 Sasaran
1. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang belajar dan pengajaran Bahasa Inggris, ,bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermandiri, berdedikasi tinggi, dapat bekerjasama dengan orang lain, kreatif dan kritis..
2. Berpartisipasi didalam peningkatan mutu pendidikan lewat melakukan tindakan-tindakan penelitian.
3. Berkontribusi dalam pengembangan kwalitas hidup masyarakat Indonesia.
4. Berkontribusi dalam pengembangan keterampilan di dunia kerja.
- PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
(CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGGOTA APS PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH )
4.1 Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan YME (Allah SWT) dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
4.2 Penguasaan dan Pengetahuan
a. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post- intermediate;
b. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat intermediate;
c. Menguasai konsep teoritis tentang kesastraan, literasi, dan pembelajaran Bahasa;
d. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogik ;
e. Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
f. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program Pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik;
g. Menguasai al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Keterampilan Umum
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
c. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
d. Mengelola pembelajaran secara mandiri;
e. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Keterampilan Khusus
a. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post- intermediate;
b. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate;
c. Mampu mengadaptasi budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu;
d. Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;
e. Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English forspecific purposes);
f. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
g. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan;
h. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
i. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
5. PENETAPAN BIDANG KAJIAN
Penetapan Bidang kajian berdasarkan kurikulum berbasis KKNI Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.
No | Bidang Kajian | Nama Mata Kuliah |
1 | Linguistik | Intoduction to Linguistics 2. Semantics and Pragmantics 3. Morphosyntaxis 4. Pronounciation 5. Psycholinguistics 6. Sociolinguistics 7. Discourse Analysis |
2 | Pendidikan | Speaking for Everyday CommunicationSpeaking for Group ActivitiesSpeaking for SpeechSpeaking for DebateListening to Dialog and MinitalkListening to Authentic MaterialsListening to TOEFL and IELTSFundamental GrammarIntroduction to Complex GrammarComplex GrammarGrammar to TOEFL and IELTSPre-Intermediate ReadingIntermediate ReadingExtensive ReadingWriting for Sentence BuildingParagraph WritingEssay WritingTeaching English as Foreign LanguageCurriculum on Language TeachingInstructional PlanningLanguage TestingLanguage Assessment and EvaluationTeaching Material developmentEducational Research MethodologyStatistics on English Language TeachingMicro TeachingTranslation and InterpretationCross Cultural UnderstandingResearch on English Language TeachingSecond Language AcquisitionEnglish for TourismSeminar on English Language TeachingPLPThesis |
3 | Sastra | Introduction to LiteratureDramaProse and Poetry |
6. STRUKTUR KURIKULUM
KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER | ||||||||||||||||||||
MATA KULIAH WAJIB UMUM (WU) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||||||||||||||
WU 00001 | Pendidikan Agama Islam | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WU 00002 | Pendidikan pancasila | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WU 00003 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WU 00004 | Pendidikan Bahasa indonesia | 3 | X | ||||||||||||||||||||
JUMLAH | 9 | ||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH WAJIB INSTITUSI (WI) | |||||||||||||||||||||||
W1 00001 | Ibadah,Akhlak dan Muamalah | 2 | X | ||||||||||||||||||||
W1 00002 | Gerakan Muhammadiyah | 2 | X | ||||||||||||||||||||
W1 00003 | Islam Disiplin Ilmu | 2 | X | ||||||||||||||||||||
W1 00004 | Kewirausahaan | 2 | X | ||||||||||||||||||||
W1 00005 | KKN | 2 | X | ||||||||||||||||||||
W1 00006 | Skripsi | 4 | X | ||||||||||||||||||||
JUMLAH | 14 | ||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH WAJIB FAKULTAS (WF) | |||||||||||||||||||||||
WF 00101 | Pengantar Pendidikan | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00102 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00103 | Profesi Kependidikan | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00104 | Belajar dan Pembelajaran | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00105 | Inovasi Pendidikan | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00106 | PLP 1 | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00107 | PLP 2 | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00108 | Microteaching | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WF 00109 | Edupreneurship | 2 | |||||||||||||||||||||
JUMLAH | 18 | ||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI (WP) | |||||||||||||||||||||||
WP 01401 | Speaking for Everyday Communication | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01402 | Speaking for Group Activities | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01403 | Speaking for Speech | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01404 | Speaking for Debate | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01405 | Listening to Dialog and Minitalk | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01406 | Listening to Authentic Materials | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01407 | Listening to TOEFL and IELTS | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01408 | Pre-intermediate Reading | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01409 | Intermediate Reading | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01410 | Extensive Reading | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01411 | Writing for Sentence Building | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01412 | Paragraph Writing | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01413 | Essay Writing | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01414 | Scientific Writing | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01415 | Fundamental Grammar | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01416 | Introduction to Complex Grammar | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01417 | Complex Grammar | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01418 | Grammar to TOEFL and IELTS | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01419 | English Pronunciation Practice I | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01420 | English Pronunciation Practice II | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01421 | Introduction to Linguistics | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01422 | Discourse Analysis | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01423 | Sociolinguistics | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01424 | Semantics and Pragmatics | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01425 | Psycholinguistics | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01426 | Morphosyntaxis | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01427 | Curriculum on English Language Teaching | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01428 | Instructional Planning | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01429 | Teaching Material Development | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01430 | Teaching English Foreign Language | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01431 | Language Testing | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01432 | Language Assessment and Evaluation | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01433 | Educational Research Methodology | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01434 | Research on English Language Teaching | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01435 | Statistics of English Language Teaching | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01436 | Seminar on English Language Teaching | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01437 | Proposal Seminar | 2 | X | X | |||||||||||||||||||
WP 01438 | Translation and Interpretation | 3 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01439 | Cross Cultural Understanding | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01440 | Introduction to Literature | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01441 | Prose and Poetry | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01442 | Drama | 2 | X | ||||||||||||||||||||
WP 01443 | English for Tourism | 3 | X | ||||||||||||||||||||
101 | |||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH PILIHAN PROGRAM STUDI (PP) | |||||||||||||||||||||||
PP 01401 | Second Language Acquisition | 2 | |||||||||||||||||||||
PP 01402 | English for Young Learners | 3 | |||||||||||||||||||||
PP 01403 | Journalistics | 2 | |||||||||||||||||||||
PP 01404 | Applied Linguistics* | 2 | |||||||||||||||||||||
PP 01405 | Broadcasting* | 2 | |||||||||||||||||||||
PP 01406 | English for Banking* | 2 | |||||||||||||||||||||
PP 01407 | English for Office* | 2 | |||||||||||||||||||||
PP 01408 | Japanese* | 2 | |||||||||||||||||||||
JUMLAH | 17 | ||||||||||||||||||||||
JUMLAH TOTAL | 157 | ||||||||||||||||||||||
6.1. SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESTER
SEMESTER I | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
WU 00001 | Pendidikan Agama (Kemanusiaan &Keimanan | 2 | |
WU 00002 | Pendidikan Pancasila | 2 | |
WU 00004 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | |
WF 00101 | Pengantar Pendidikan | 2 | |
WP 01419 | English Pronunciation Practice I | 2 | |
WP 01408 | Pre-intermediate Reading | 2 | |
WP 01415 | Fundamental Grammar | 2 | |
WP 01405 | Listening to Dialog and Minitalk | 2 | |
WP 01401 | Speaking for Everyday Communication | 3 | |
JUMLAH | 19 | ||
SEMESTER II | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WU 00003 | Pendidikan kewarganegaraan | 2 |
2. | WF 00102 | Perkembangan Peserta Didik | 2 |
3. | WP 01420 | English Pronunciation Practice II | 2 |
4. | WP 01409 | Intermediate Reading | 2 |
5. | WP 01416 | Introduction to Complex Grammar | 2 |
6. | WP 01406 | Listening to Authentic Materials | 2 |
7. | WP 014012 | Speaking for Group Activities | 3 |
8. | WP 01421 | Introduction to Linguistics | 2 |
9. | WP 01440 | Introduction to Literature | 2 |
JUMLAH | 19 | ||
SEMESTER III | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WI 00001 | Ibadah, Akhlak dan Muamalah | 2 |
WF 00103 | Profesi Kependidikan | 2 | |
2 | WP 01410 | Extensive Reading | 2 |
3. | WP 01417 | Complex Grammar | 2 |
4. | WP 01407 | Listening to TOEFL and IELTS | 3 |
5. | WP 01403 | Speaking for Speech | 3 |
6. | WP 01411 | Writing for Sentence Building | 3 |
7. | WP 01430 | Teaching English Foreign Language | 2 |
8. | WP 01427 | Curriculum on English Language Teaching | 2 |
JUMLAH | 21 | ||
SEMESTER IV | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WF 00104 | Belajar dan Pembelajaran | 2 |
2. | WP 01418 | Grammar to TOEFL and IELTS | 3 |
3. | WP 01404 | Speaking for Debate | 3 |
4. | WP 01412 | Paragraph Writing | 3 |
5. | WP 01428 | Instructional Planning | 2 |
6. | WP 01431 | Language Testing | 2 |
7. | WP 01423 | Sociolinguistics | 2 |
8. | WP 01424 | Semantics and Pragmatics | 2 |
9. | WP 01441 | Prose and Poetry | 2 |
JUMLAH | 21 | ||
SEMESTER V | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WI 00002 | Gerakan Muhammadiyah | 2 |
2. | WI 00004 | Kewirausahaan | 2 |
3. | WF 00105 | Inovasi Pembelajaran | 2 |
4. | WP 01432 | Language Assessment and Evaluation | 2 |
5. | WP 01413 | Essay Writing | 3 |
6. | WP 01442 | Drama | 2 |
7. | WP 01429 | Teaching Material Development | 2 |
8. | WF 00106 | PLP 1 | 2 |
9. | WP 01422 | Discourse Analysis | 2 |
10 | Mata Kuliah Pilihan* | 2 | |
JUMLAH | 21 | ||
SEMESTER VI | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WI 00003 | Islam Disiplin Ilmu | 2 |
2. | WI 00005 | KKN | 2 |
3. | WP 01433 | Educational Research Methodology | 3 |
4. | WF 00108 | Micro Teaching | 2 |
5. | WP 01414 | Scientific Writing | 2 |
6. | WP 01435 | Statistics of English Language Teaching | 2 |
7. | WP 01438 | Translation and Interpretation | 2 |
8. | WP 01439 | Cross Cultural Understanding | 2 |
9. | WF 00107 | PLP 2 | 2 |
10 | Mata Kuliah Pilihan* | 2 | |
JUMLAH | 21 | ||
SEMESTER VII | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WF 00109 | Edupreneurship | 2 |
2. | WI 00005 | KKN | 2 |
3. | WP 01425 | Psycholinguistics | 2 |
4. | WP 01434 | Research on English Language Teaching | 2 |
5. | WP 01436 | Seminar on English Language Teaching | 2 |
6. | WP 01443 | English for Tourism | 3 |
7. | WP 01426 | Morphosyntaxis | 2 |
8. | WP 01437 | Proposal Seminar* | 2 |
9 | Mata Kuliah Pilihan* | 3 | |
JUMLAH | 20 | ||
SEMESTER VIII | |||
NO | KODE | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1. | WP 01437 | Proposal Seminar* | 2 |
2. | WI 00006 | Thesis | 4 |
JUMLAH | 6 |
MATA KULIAH PILIHAN
No. | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1. | PP 01401 | Second Language Acquisition* | 2 |
2. | PP 01402 | English for Young Learners* | 3 |
3. | PP 01403 | Applied Linguistics* | 2 |
4. | PP 01404 | Broadcasting* | 2 |
5. | PP 01405 | English for Banking* | 2 |
6. | PP 01406 | English for Office* | 2 |
7. | PP 01407 | Japanese* | 2 |
JUMLAH | 15 |
7. DOSEN PROGRAM STUDI
NO | NAMA | NIDN | SPESIALISASI |
1. | Drs. Epi Wadison, M.Pd. | 0206046302 | Pendidikan Bahasa Inggris |
2. | Dr. Dian Susyla, M.Pd. | 0013076308 | Pendidikan Bahasa Inggris |
3. | Ivan Achmad Nurcholis, S.Pd., M.Pd. | 0221097202 | Pendidikan Bahasa Inggris |
4. | Kiagus Baluqiah, S.Pd., M.Pd. | 0202037503 | Pendidikan Bahasa Inggris |
5. | Sinarman Jaya, S.Pd., M.Pd. | 0211027602 | Pendidikan Bahasa Inggris |
6. | Eki Saputra, S.Pd., M.Pd. | 0217028302 | Pendidikan Bahasa Inggris |
7. | Washlurahim Safitri, S.Pd.I, M.Pd. | 0230058702 | Pendidikan Bahasa Inggris |
8. | Ria Angraini, S.Pd., M.Hum. | 0216087603 | Linguistik |
9. | Yupika Maryansyah, S.Pd., M.Pd. | 0225068003 | Pendidikan Bahasa Inggris |
10. | Agung Suhadi, SS., MA. | 0205068001 | Satra Inggris |
11. | Fetriani, S.Pd, M.Pd | 0227058802 | Pendidikan Bahasa Inggris |
12 | Ririn Putri Ananda | 0221049301 | Pendidikan Bahasa Inggris |
Recent Comments